Sunday, September 18, 2016

Akuntansi & Audit Part 4 - Metode Pencatatan Accrual Basis vs Cash Basis

Setiap organisasi melakukan pencatatan akuntansi untuk setiap transaksi yang terjadi.
Pencatatan tersebut digunakan untuk membuat laporan keuangan di akhir periode akuntansi.

Metode pencatatan :
1. Cash Basis
    Revenue (pendapatan) dicatat ketika kas diterima, dan expense (beban) dicatat ketika kas dibayar.
    Dengan kata lain, transaksi dicatat apabila kas sudah diterima.

2. Accrual Basis
    Revenue (pendapatan) diakui ketika diperoleh, dan expense (beban) diakui ketika terjadi.

Membayar $ 2400 untuk asurans 24 bulan dimulai dari 1 desember 2009.
Pada Cash Basis, $ 2400 seluruhnya akan diakui sebagai beban asuransi pada 2009. Tidak ada beban asuransi yang diakui pada 2010 atau 2011.

Pada akrual basis, $ 100 dari beban asuransi yang diakui pada 2009, $ 1200 pada 2010, dan $ 1100 pada 2011. Beban disesuaikan dengan masa manfaat. 
















No comments:

Post a Comment